Senin, 26 Februari 2018

Beginilah Tampilan Museum Islam Terbesar di Indonesia

Indonesian Islamic Art Museum

Indonesian Islamic Art Museum - Sudah menjadi informasi dunia bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia. Pada mulanya Islam di bawa oleh para pedagang Arab yang berkunjung ke Indonesia. Kemudian penyebaran Agama Islam dilanjutkan oleh Walisongo yang pusat pengajarannya ada di pulau Jawa. Maka dari itu, tidaklah heran jika di Indonesia terdapat banyak bukti-bukti sejarah Islam. Bukti-bukti tersebut bisa kita lihat dari perkampungan arab, makam para wali, bangunan dan juga artifak-artifak Islam yang disimpan di Islamic Center atau Museum.

Indonesia memiliki museum Islam yang menyimpan berbagai artifak Islam bersejarah, yaitu Indonesian Islamic Art Museum. Museum tersebut terletak di kompleks Wisata Bahari Lamongan, Jl. Raya Paciran (Ex. Tanjung Kodok) Paciran Lamongan. Museum ini memiliki 3 zona utama, yaitu Audio Visual Room, Galery Koleksi dan Diorama Room.
Audio Visual Room Indonesian Islamic Art Museum
Pada zona Audio Room terdapat pemutaran film animasi berjudul “The Glorious of Islam.” Film tersebut menggambarkan perjalanan Islam dari zaman pra sejarah sampai Islam tersebar ke seluruh penjuru dunia termasuk ke Indonesia. Lalu di zona dua terdapat berbagai koleksi yang di klasifikasikan ke dalam 7 zona utama, yaitu Galery Ottoman Turki, Mughal India, China, Samudra Pasai, Aceh Darussalam, Mataram Islam, Walisongo.
Zona Galery Indonesian Islamic Art Museum
Kemudian terdapat banyak photospot keren di zona Diorama. Pada zona Diorama ada banyak replika peradaban Islam, seperti Masjid dan kapal Cheng Ho, Toko Klontong, Pasar Tradisional, Pergudangan Belanda dan masih banyak lainnya. Replika-replika tersebut dilengkapi dengan background dan suara-suara yang membuat pengunjung seakan sadang berada di situasi sebenarnya.
Augmented Indonesian Islamic Art Museum
Menjadi museum Islam yang modern, Indonesian Islamic Art Museum juga menyediakan aplikasi Augmented Reality yang dapat diunduh melalui Google Playstore. Dengan aplikasi tersebut pengunjung bisa melakukan interaksi dengan animasi peradaban Islam yang tersaji di dinding-dingin museum. Lalu, berapa harga tiket Indonesian Islamic Art Museum?
Zona Diorama Indonesian Islamic Art Museum
Harga tiket Indonesian Islamic Art Museum adalah Rp. 10.000 ketika Weekday dan 15.000 ketika Weekend. Museum buka mulai pukul 08:00 – 17:00 WIB.

Nomer Telephone Indonesian Islamic Art Museum
0819-1679-9288

Tidak ada komentar:

Posting Komentar